Genre Musik Populer (Pop) Indonesia dan Jenisnya

Genre musik pop adalah genre musik yang berasal dari modernitas Amerika dan Inggris pada sekitar abad ke-20. Pop atau populer sebetulnya sudah berkembang sejak tahun 1920, akan tetapi baru berkembang pesat pada sekitar tahun 1950an, ketika The Beatles mulai dikenal banyak masyarakat.

Gambar oleh Rahul Pandit dari Pixabay 

Genre musik pop adalah lagu yang mudah dan sederhana, dengan nada yang mudah diingat dan lirik lagu yang realis atau mudah dicerna. Umumnya, musik pop satu dari sekian banyak genre yang disukai banyak masyarakat oleh karena cocok dinyanyikan di mana pun.

Pada saat ini, pop menjadi musik yang paling diakui secara umum dapat menjangkau berbagai negara, jenis kelamin, dan usia. Karena pop merupakan sesuatu yang semua orang bisa mengerti, bahkan orang yang “tidak suka” pop akan menemukan atau menggumamkan liriknya.

Pop mudah dikenali dari syair dan instrumentalnya yang berulang-ulang. Otak kita sangat menyukai pola dan musik pop mengikuti pola sederhana yang mudah kita tangkap dengan cepat.

Contohnya lagu "Shake It Off" T-Swift di mana dia mengatakan "shake it off" sebanyak 44 kali. Gaya bahasa ini disebut repetisi  dimana lirik diulang  kembali untuk menegaskan perasaan. Teknik ini telah digunakan untuk menghasilkan musik populer selama beberapa dekade.

Di Indonesia, musisi yang terkenal juga berasal dari genre pop, seperti Tulus, Anji, Virgoun dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk band, seperti Wali Band, Kangen Band, Pasha Ungu, ST12 dan masih banyak lagi.

Musik pop terbagi menjadi beberapa jenis atau aliran lagi:

Gambar oleh Bingodesigns dari Pixabay

1. Musik pop roman
Aliran pop ini, dalam liriknya menyampaikan topik kisah cinta, baik keluarga maupun pasangan. Aliran ini merupakan yang paling banyak diminati dan dinyanyikan ulang di mana pun. Contohnya adalah Fiersa Besari, Kangen Band, Virgoun.

2. Musik pop balada
Aliran pop balada juga mudah diingat dalam liriknya, karena balada menceritakan tentang kehidupan sekitar dan sehari hari yang tak lekat dari nasib. Contoh musisi pop balada adalah Ebiet G. Ade, Iwan Fals dan Iksan Sekuter. Genre ini juga hampir mirip bahkan biasa disebut dengan folk.

3. Musik pop punk
Genre ini merupakan gabungan antara musik pop dan rock dengan tempo yang cepat dan ngerock, dan dengan melodi akord power pop. Tidak jarang juga, pop punk disebut dengan slow rock mengingat kadar rocknya tidak semenggelengar punk rock. Contoh band pop punk adalah Last Child, Our Story, Rocket Rockers.

Genre musik pop sepertinya akan jadi musik favorit bagi siapa saja dan sampai kapan pun, mengingat genre ini paling banyak disukai berbagai kalangan. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel