Ciri Aliran Musik Rock Beserta Alat Musiknya

Musik rock memiliki ciri khas yang berbeda dengan aliran musik lainnya. Musik ini cenderung lebih keras dibanding dengan aliran musik pop. Oleh karena itu, musik ini seleratif, tidak semua orang dapat menyukainya. Akan tetapi bagi penikmat musik rock, tentunya punya kesan tersendiri.



Gambar oleh Alexander Fradellafra dari Pixabay

Pengertian Musik Rock
Jika dilihat dari pengertiannya, musik rock adalah salah satu jenis aliran musik yang cukup populer pada pertengahan tahun 1950-an. Pada tahun tersebut, ketika musik rock telah terlihat eksis, aliran musik ini memiliki nada yang cukup sederhana dan beat yang terbilang cepat dengan irama keras.

Dengan kata lain, musik rock merupakan musik keras yang dalam pelaguannya menggunakan ritme yang sangat berisik dengan alat musik yang variatif.

Dalam pertunjukkan musik rock, biasanya ada alat musik yang terdiri dari: gitar, drum, bass dan juga vokal yang keras. Selain itu, terdapat banyak alat musik rock tambahan, misalnya menggunakan alat musik organ, piano maupun synthesizers.


Sejarah Singkat Musik Rock
Dalam perkembangannya, umumnya musik rock dikenal pertama kali diawali dengan adanya musik bergenre Rock N Roll. Musik ini berasal dari Amerika Serikat yang ditemukan pada periode 1940-an.

Pada awal mulanya, musik ini hanya berupa gabungan dari berbagai musik klasik modern pada saat itu, seperti: Blues, Rhythm and Blues, Gospel dan Musik Western Country yang biasa dimainkan oleh orang kulit hitam.

Namun sebelum itu, musik rock sudah ada di Indonesia terlebih dahulu diawali dengan The Teilman Brother kelahiran Kupang, Nusa Tenggara. Dahulu dikenal dengan nama Indorock.

Pada tahun 1951 di sebuah pentas musik, seorang musisi DJ yang bernama Ohio Alan Freed yang sedang memainkan musik dengan irama RnB. Akan tetapi menggunakan frase Rock N Roll. Lalu kemudian hal itu menjadi sebuah pertunjukan musik Rock N Roll yang lahir pertama kali di dunia untuk didengarkan oleh banyak orang.

Dalam perkembangannya, muncul perdebatan mengenai lagu Rock N Roll pertama yang direkam itu. Dan pada tahun 1954, sebuah rekaman lagu yang berjudul That’s All Right yang dibawakan oleh Elvis Presley menjadi rekaman berirama Rock N Roll yang populer pertama di dunia.

Bukan hanya itu, bahkan lagu ini pernah menduduki daftar lagu paling populer dan menjadi titik awal menuju kepopuleran musik Rock N Roll di dunia pada periode 1950-1960.

Pada era inilah mulai banyak bermunculan musisi Rock and Roll. Hal tersebut ternyata menjadi awal perkembangan musik ini. Adapun musisi diantaranya seperti Bill Haley, Buddy Holly, Chuck Berry, Richie Valens, Jerri Lee Lewis, dan banyak lagi.

Sejak masa masa itu, musik rock banyak dimainkan oleh Grup Musik Instrumental dan Grup Musik Vokal. Dan sehingga bermunculan pula band rock dari daerah Britania Raya seperti The Beatles, The Rolling Stone, The Yardbid dan grup musik lainnya. Sampai saat ini, musik rock semakin terus berkembang dan dikenal berbagai negara di seluruh dunia.

Fungsi Musik Rock
Musik rock tentunya punya fungsi tersendiri. Berikut ini beberapa fungsi musik rock bagi kesehatan manusia ketika mendengarkannya:

• Membuat orang menjadi terkesan jauh lebih bahagia.

• Meningkatkan rasa semangat baik dalam beraktivitas.

• Membantu melatih pemanasan.

• Sebagian dari musik rock mampu menghilangkan stress dan kecemasan.

Ciri-Ciri Musik Rock
Umumnya ciri dari musik rock adalah aransemennya menggunakan alat musik berupa gitar listrik, gitar bass listrik, drum seat dan juga keyboard listrik. Adapun ciri-ciri musik rock selebihnya:

• Mempunyai nada yang keras dengan tempo variatif.

• Memiliki struktur lagu dan akor yang kompleks.

• Mempunyai nada yang sangat luas mulai dari yang paling rendah hingga paling tinggi.

• Terdapat sesi-sesi permainan solo melodi yang indah.

• Memiliki lirik yang lebih ekspresif dan bebas.

• Permainan gitarnya cenderung pada efek feedback.

• Musik lebih didominasi alat musik keyboard dalam lagunya.

Musi rock kini sudah banyak dikembangkan, aransemen dan ciri cirinya pun tentu berubah ubah. Akan tetapi semua tergantung apakah masih mengunakan tradisi rock yang terdahulu atau tidak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel