Inilah Alat Musik Ritmis dan Contohnya

Alat musik ritmis merupakan alat musik yang sering dipakai dan memiliki peran penting dalam sebuah lagu. Biasanya digunakan untuk mengatur tempo dalam lagu. Alat musik ritmis tidak punya banyak nada, akan tetapi sangat berfungsi perannya dalam musik.

sumber gambar: pixabay
Selain itu, alat musik ritmis mempunyai kemampuan untuk menimbulkan keharmonisan dalam musik. Ritmis sering dibawa dalam pementasan, dan tentunya dengan alat yang berbeda. Misalnya dalam band rock, ada drum sebagai pengatur tempo.

Fungsi alat musik ritmis bukan hanya untuk mengatur tempo, ia juga bisa dijadikan sebagai kode, dan juga variasi. Banyak lagu yang menggunakan kode, misalnya dalam lagu reggae, membunyikan beberapa kali ketukukan jimbe sebelum gitar dan aransemen lainnya di,ainkan.

Di Indonesia, alat musik ritmis banyak beraneka ragam. Misalnya kendang, dalam musi dangdut. Sering juga dalam lagu dangdut kendang dijadikan sebagai kode, variasi dan pengatur tempo. Tanpa kendang, musik dangdut mungkin tidak akan lebih asyik.

Contoh Alat Musik Ritmis
Beberapa alat musik ritmis lainnya adalah:

1. Gendang
Gendang atau Kendhang merupakan alat musik ritmis dalam gamelan. Fungsinya adalah untuk mengatur irama pada musik. Gendang dimainkan dengan tangan, dan tanpa bantuan alat sepeti stick. Gendang yang ukurannya kecil disebut ketipung, sedangkan yang agak besar itulah yang disebut gendang.

2. Tamborin
Alat musik ini biasanya dimainkan dengan cara dipegang secara vertikal, lalu digoyangkan. Tamborin termasuk juga alat musik perkusi. Di kalangan Jakarta, alat musik ini disebut kecrek, karena bunyinya yang mengecrek.

3. Triangle
Termasuk alat musik perkusi idiofon. Alat musik ini berupa logam baja yang juga dibenturkan dengan logam lainnya yang menjadi sticknya. Bentuknya berupa segitiga, triangle hanya memiliki satu suara dan datu nada. 

4. Rebana
Rebana adaah gendang berbentuk bulat dan tipis seperti piring, terbuat dari bahan kayu dan kulit, umumnya kulit kambing. Rebana populer di kalangan pesantren, oleh karena sering diguakan sebagai iringan solawat.

5. Gong
Adalah alat musik ritmis yang populer yang berasal dari jawa. Gong banyak digunakan dalam pentas tradisional. Gong memiliki beberapa nada, nada tersebut dihasilkan ketika gong sudah terbentuk dandibersihkan. 

Masih banyak lagi alat musik ritmis dan contohnya. Dari berbagai daerah, berbagai fungsi dan kategori. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel