Genre Musik Country: Pengertian, Sejarah dan Ciri-ciri

Musik country adalah gaya musik Amerika yang tercipta dari gabungan unsur folk, bluegrass, blues, dan musik tradisional. Para sejarawan musik melacak asal-usulnya ke Pegunungan Appalachian selatan pada akhir 1920-an, khususnya di Tennessee timur dan Virginia barat daya. Selama abad kedua puluh, genre ini menyebar ke segala arah, terutama ke barat, yang membuat beberapa orang menyebutnya sebagai musik country western.


Ada adegan musik country yang kuat di seluruh Amerika Serikat, termasuk di Austin, Texas; Tulsa, Oklahoma; dan Bakersfield, California. Namun, pusat modern genre musik country adalah Nashville, Tennessee. Nashville adalah rumah bagi tempat Grand Ole Opry yang legendaris, Hall of Fame dan Museum Musik Country, dan banyak studio tempat bintang-bintang country merekam lagu-lagu hits.

Di Indonesia sendiri, musik country juga cukup populer. Salah satu musisi yang terkenal adalah Iwan Fals dan Ebiet G. Ade. Contohnya lagu Iwan Fals yang berjudul "Kumenanti Seorang Kekasih" dan Ebiet "Rindu Selintas Bayang". Namun pada berikutnya, country di Indonesia mengalami perkembangan juga. Ada 

Sejarah Musik Country
Genre musik country berakar pada musik rakyat dari Tenggara dan musik koboi dari Barat, biasanya disuarakan, umumnya sederhana dalam bentuk dan harmoni, dan dicirikan oleh romantis atau melankolis. balada yang diiringi gitar akustik atau elektrik, banjo, biola, dan harmonika.”

Regional nampaknya berpengaruh dalam genre country, kemungkinan besar ini yang membuat country dikenal. Namun, kata country itu sendiri sebenarnya sudah tua, tercatat dalam bahasa Inggris pada tahun 1200-an. Pada awal 1500-an, negara digunakan untuk menunjukkan daerah pedesaan dan hal-hal yang berbeda dengan yang perkotaan. Bahkan ada bukti ungkapan  musik country  di akhir tahun 1500-an, meskipun nama untuk genre musik modern, selain country dan western dan country-western , tidak direkam sampai tahun 1940-an. 

Sejak masa perbudakan dihapuskan, segregasi dan undang-undang Jim Crow berarti bahwa musik sering dipisahkan ke dalam genre berdasarkan ras. Musik folk kulit putih menjadi musik  country sementara musik oleh artis kulit hitam, termasuk blues, gospel, dan rhythm and blues, diberi label musik "ras". Patrick Huber, seorang profesor sejarah dan ilmu politik di Missouri University of Science and Technology, secara khusus mengidentifikasi sekitar 50 seniman kulit hitam yang bermain di rekaman "orang dusun" putih, demikian sebutan mereka, sebelum tahun 1932. 

Namun demikian, penghapusan musisi kulit hitam telah lama menjadi masalah dalam apa yang kita pahami sebagai musik country. Banyak orang mengenal Johnny Cash, misalnya, tetapi mereka tidak mengenal DeFord Bailey, seorang musisi kulit hitam, yang terkenal karena permainan harmonikanya, yang merupakan superstar awal Grand Ole Opry pada 1920-an. Penghapusan seperti itu berlanjut hingga hari ini, seperti yang kita lihat dengan rapper Atlanta Lil Nas X (Montero Lamar Hill), yang  sepertinya tidak bisa membuat lagu country hitnya sendiri diakui oleh industri musik.

5 Ciri Musik Country
Musik country dari Texas honky tonks mungkin terdengar berbeda dari hit pop country, tetapi beberapa elemen menyatukan genre tersebut. 

1. Harmoni rakyat: Sebagian besar musik country didasarkan pada progresi akord tradisional yang dibangun dari tangga nada mayor. Akord non-diatonic kurang umum dibandingkan dengan genre lain.

2. Alat musik gesek: Sebagian besar kelompok negara mendasarkan instrumentasi mereka di sekitar alat musik gesek seperti gitar, bass, pedal steel, lap steel, banjo, dan biola.

3. Vokal yang merdu: Apakah artis country berasal dari Virginia Barat atau Kanada, sebagian besar bernyanyi dengan dentingan dalam suara mereka. Ini membantu membedakan musik country dari genre pop lainnya.

4. Lirik pengakuan: Banyak lagu country bercerita tentang cinta, sakit hati, kerja keras, dan kebanggaan pribadi. Sebuah nomor yang baik mengambil bentuk balada , yang merupakan lagu yang menceritakan sebuah cerita.

5. Sering kolaborasi: Sejak awal, musik country menekankan nyanyian kelompok. Tindakan awal seperti Keluarga Carter menampilkan anggota keluarga bernyanyi bersama. Dalam beberapa tahun terakhir, penyanyi country seperti Miranda Lambert menemukan kesuksesan pop dengan bekerja sama dengan vokalis lain.

Ganre musik yang kini banyak ditemukan, pada dasarnya bermula dari genre-genre lama yang diperbaharui. Seperti country, blues dan lain-lain. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel