Jenis Alat Musik Melodis dan 10 Contohnya

Dari berbagai jenis, alat musik melodis menjadi satu komponen yang paling penting dalam susunan sebuah lagu. Unsur melodis mampu menciptakan suasana yang harmoni, namun bisa juga menggelora seperti dalam lagu rock

sumber gambar: pixabay
Selain itu, alat musik melodis memiliki kesan yang sensasional sesuai dengan lirik lagunya. Apabila dalam lagu yang sedih, maka melodi yang muncul pun sedih, dan hal ini membantu perasaan pendengar. Sebagaimana dalam lagu Deep Purple - Soldier Of Fortune.  

Hal ini juga berlaku sebalinya, apabila dalam lagu yang penuh suka cita, bahagia, maka melodi yang mendukung pun bernuansa bahagia. Sebagaimana dalam lagu Weezer - Island In The Sun

Pengertian Alat Musik Melodis
Alat musik melodis adalah instrumen yang memiliki atau menghasilkan nada dan irama. Umumnya, alat musik melodis adalah dimainkan dengan cara dipetik, gesek atau tiup. 

Mengutip dari Wikipedia, Melodi berasal (dari Yunani μελῳδία - melōidía, bernyanyi, berteriak) atau disebut juga suara adalah suksesi linear nada musik yang dianggap sebagai satu kesatuan. Secara harfiah, melodi adalah urutan nada dan jangka waktu nada. Dalam arti lain, istilah tersebut memasukkan suksesi unsur musik lain seperti warna nada.

Melodis biasanya dimainkan solo, atau ketika interlude. Sehingga tidak begitu mengganggu vokalis yang bernyanyi. Selain itu, melodis dapat mengisi kekosongan vokal.

Jenis Alat Musik Melodis
Alat musik melodis dapat dibedakan menjadi: melodis klasik dan melodis modern. Melodis klasik masih mengunakan instrumen tradisional, sedangkan melodis modern menggunakan bantuan teknologi.

Contoh Melodis Klasik
Melodis klasik masih banyak digunakan dalam lagu-lagu, karena orisinalitas suaranya yang khas. Contohnya:
1. Gitar Klasik
2. Sapeh
3. Sasando
4. Angklug
5. Kecapi
6. Kalimba
7. Akordeon

Contoh Melodis Modern
Melodis modern lebih banyak berasal dari budaya barat, dengan bantuan teknologi dan listrik, dan tentunya membutuhkan rekaman yang jernih. Contoh:
1. Gitar Listrik
2. Piano
3. Biola
4. Recorder
5. Harmonika
6. Pianika
7. Terompet

Terlepas dari klasik atau modernnya suatu alat musik, tetap nikmat didengarkan. Hanya saja perkembangan zaman mambuat orang-orang lebih banyak memilih melodis modern.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel