Apa itu Musik Harmoni? Berikut Penjelasannya

Ketika mendengarkan sebuah musik, kita mendengar ada beberapa nada yang terdengar harmoni. Musik itu tentunya dapat kita nikmati apalagi ditambah lirik yang puitis. Namun, dari kata yang terucap itu, apa yang dimaksud dengan harmoni dalam musik?

Gambar oleh Ernesto Eslava dari Pixabay 
Harmoni menurut KBBI adalah keserasian. Itu artinya, dalam musik, harmoni adalah keserasian antar nada yang timbul dari permainan akord. Beda halnya dengan harmonis yang lebih menunjukan sifat keserasian itu sendiri. 

Sudah menjadi kebutuhan bagi setiap lagu. Setiap genre musik, tentunya memiliki kadar harmoni yang berbeda dan cara menyampaiannya. Misalnya dalam musik rock harmoni timbul dari melodi yang dimainkan gitar listrik, sedangkan dalam keroncong harmoni timbul dari suara biola. 

Apa Saja Alat Musik Harmonis?
Alat musik disebut harmonis karena memilki sifat harmoni atau keserasian. Lalu suara yang timbul itulah disebut harmoni. Alat-alat musik yang memiliki suara harmoni adalah:

1. Suling
Setiap daerah memiliki jenis suling yang berbeda. Hal yang membuatnya beda adalah kultur budaya, suasana alam, iklim bahkan kondisi lingkungan. Seperti perbedaan suling jawa dan suling sunda yang terletak pada lengking suaranya. 

2. Biola
Selain alat musik melodis, biola juga termasuk alat musik harmoni. Suara yang muncul dari gesekan yang dimainkan membuat suasana pada lagu menjadi berbeda. Contohnya terlihat pada lagu-lagu keroncong.

3. Gitar
Peran gitar lebih dari biola. Gitar bisa dimainkan untuk penyanyi solo, maka tak jarang penusik solo kebanyakan menggunakan gitar. Karena gitar bisa dimainkan dengan karakter apa saja, seperti ritmis, melodis, dan harmonis. 

4. Piano
Pada musik pop, alat musik harmoni yang sering digunakan adalah piano. Banyak juga variasi yang bisa dikeluarkan dari piano, sehingga perannya bisa sebagai melodis dan harmonis.

Apa Fungsi dari Alat Musik Harmonis?

Alat musik harmonis berfungsi untuk memunculan harmoni atau keserasian bunyi yang biasanya terdapat dalam lagu. Kemunculannya bukan sekedar pemanis, akan tetapi agar musik semakin kaya akan warna. Harmoni adalah salah satu bagian terpenting dari 3 komponen musik selain ritme dan melodi, itu sebabnya harmoni sangat berfungsi

Perbedaan Musik Harmonis dan Melodis 

Secara permainan musik, perbedaan harmonis dan melodis adalah: harmonis dimainkan untuk selingan atau biasanya menyambut suara vokal, sedangkan melodis dimainkan pada saat interlude atau solo ketika sedang kosong vokal.

Dari setiap lagu yang kita dengarkan dapat diperhatikan unsur harmonisnya. Namun tak semua lagu mempunyai harmonis, akan tetapi ada juga yang kuat di bagian melodis atau ritmisnya.

Pada lagu keroncong, instrumennya memliki aransemen yang saling sahut menyahut. Ukulele cak bersahutan dengan Cuk, Cello bersahutan dengan Bass, sehingga hasil dari sahut menyahut itulah disebut musik harmonis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel