Apa itu Musik Punk Rock? Kenali Latar Belakangnya

Punk rock bukan hanya sekedar ciri khas pada penampilan, lebih dari itu punk rock merupakan sebuah genre musik yang cukup populer termasuk di Inonesia.  Punk memiliki singkatan “Public United Nothing Kingdom” artinya sekumpulan anti peraturan kerajaan.

Gambar oleh InspiredImages dari Pixabay 
Apa itu Musik Punk Rock?
Punk rock adalah genre musik rock yang muncul pada 1970-an di Amerika dan Inggris. Kemunculan itu dipengaruhi oleh genre sebelumnya seperti garage, glam, rock, dan rockabilly. Punk rock juga merupakan hasil dari revolusi musik populer dengan mencoba menolak semua pengaruh sebelumnya dan memulai dari awal. 

Punk juga memiliki gerakan sosial dan politik, yang umumnya berada di sayap kiri dan anti-otoriter atau bahkan nihilistik . Genre musik ini lahir pada masa ketika pertumbuhan ekonomi pasca-Perang Dunia II telah berakhir di Amerika dan Inggris. Hal ini membuat punk sebagai gerakan sosial memiliki pandangan yang lebih pesimistis kepada kehidupan dibandingkan dengan sikap damai dan cinta pada tahun 1960-an, seperti dalam lagu Sex Pistols "No Future". 

Beberapa tokoh punk, seperti manajer Sex Pistols Malcolm McLaren, juga mengadopsi politik dan gaya Situasionis Prancis. Bergerak dalam menolak konsumerisme pada masa pasca-perang, apa yang disebut Situasionis adalah sebagai "masyarakat tontonan." 

Keindahan musik punk yang agresif yang demikian dimaksudkan untuk menantang hal-hal yang dilihat oleh para penganutnya sebagai propaganda aliran musik pop yang tidak ada artinya. Sikap menentang ini diterapkan pada mode punk, yang sering kali sengaja dibuat penampilanya menonjolkan hal-hal seperti pakaian robek, tindik, dan gaya rambut ekstrem seperti mohawk.

Definisi Punk Rock
Punk adalah singkatan dari “Public United Nothing Kingdom” yang memiliki arti sekumpulan orang anti peraturan kerajaan.

Kata "punk" awalnya mengacu pada penjahat, dan kadang-kadang untuk pasangan pasif dalam seks. Hal ini pertama kali digunakan sebagai istilah musik oleh penulis untuk majalah rock Detroit CREEM untuk menggambarkan garage rock di awal 1970-an.

Apa itu Musik Punk?
Secara musikal, punk dicirikan oleh instrumen (yang hampir setiap standar rock memiliki gitar, bass, dan drum), melodi sederhana yang sering dimainkan daripada dinyanyikan, harmoni sumbang, dan lagu-lagu beat, keras, cepat. 

Kesederhanaan dan agresi musik dimaksudkan sebagai penolakan atau parodi musik populer dan sejalan dengan anti-otoritarianisme punk atau bahkan politik nihilis. Penyanyi Sex Pistols John Lydon mengatakan bahwa "Suara kemarahan tidak merdu."


Grup dan Band Punk Rock
Ada beberapa yang tidak sepakat tentang apakah punk dimulai di Amerika Serikat atau Inggris. Ada band-band punk penting di AS yang menjadi inspirasi bagi punk Inggris, tetapi baru kemudian di London punk menjadi fenomena yang tersebar luas. 

Konon, rock juga berawal dari genre musik blues. Hal yang menjadi perubahan dari blues ke rock adalah permainan kecepatanya. Jika blues dimainkan dengan nada cepat, tidak menutup kemungkinan menjadi rock.

Punk Rock di Indonesia 
Band punk rock di Indonesia cukup bayak. Musisi yang terkenal saat ini adalah Marjinal. Lagu-lagunya dinyanyikan oleh kalangan aktivis dan mahasiswa bahkan buruh sekalipun. Selain itu ada juga Desa Luka Negara, Superiots, Crewsakan, Romi & The Jahats, Superman Is Dead

Mengenai apa itu musik punk rock, di Indonesia cukup seleratif bagi pendengarnya. Karena tidak semua orang menyukai musik yang keras. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel