Inilah Unsur Dasar Musik yang Paling Penting!

Sebelum mengenal musik lebih jauh, penting bagi siapapun mengetahui dasar-dasar musik. Terutama bagi kalangan akademisi. Hal ini sebagai pondasi sebelum mengenal jenis-jenis musik.

Gambar oleh Steve Buissinne dari Pixabay 
Pengertian Seni Musik
Musik adalah bunyi yang dihasilkan dari suatu benda yang memiliki nada. Dalam hal ini, tentuya banyak benda yang dapat disebut musik. Akan tetapi, agar lebih spesifik lagi, benda yang dimaksud adalah alat-alat musik. 

Seni musik adalah salah satu seni panggung yang beralatkan alat musik. Bisa berupa instrumental, maupun lagu. Seni musik sudah berkembang sejak zaman sastra lama. Maka tak heran jika lagu-lagu daerah yang kini kita dengar sudah tak dapat dilacak lagi siapa pencipta atau penulisnya.

Unsur Dasar Musik
Tentu saja setiap kesenian memiliki unsur dasarnya tersendiri. Musik dapat dikatakan musik karena memenuhi kriterianya. Begitu juga dengan lukisan, puisi dan lain-lain. Di bawah ini adalah unsur dasar musik.

1. Bunyi
Musik berawal dari bunyi, tanpa bunyi tidak dapat dikatakan musik. Dalam hal ini, yang dimaksud dengan bunyi adalah sesuatu yang dapat terdengar langsung dengan telinga. Berbeda dengan gelombang suara yang dipelajari dalam fisika oleh rumusan.

Untuk mendalami bunyi, ada tokoh yang menuliskan tentang mistik musik dan bunyi, dialah Inayat Khan, yang namanya cukup besar dalam sejarah musik dan kesufian.

2. Nada
Setelah bunyi, ada nada yang dihasilkan oleh suara tersebut. Nada adalah urutan bunyi beraturan dari yang terendah hingga tertinggi. Permainan nada dalam musik sangatlah penting untuk merangsang perasaan bagi siapapun yang mendengarkan.

Nada memiliki urutan yang disebut tangga nada. Hal itu menjadi patokan bagi para pemusik untuk mengatur tempo, yaitu cepat atau lambatnya. Dan juga intonasi, tinggi atau rendahnya nada.

3. Irama/ Ritme
Irama membuat musik menjadi hidup. Irama adalah bunyi pengulangan dalam musik yang membentuk pola. Ada juga yang menyebutkan irama yang membuat seseorang bergerak, baik itu bergoyang, mengetukkan kaki, dan menggelengkan kepala. 

Alat musik yang berperan dalam irama adalah alat musik ritmis.

4. Birama
Birama bisa juga disebut ketukan, birama adalah seberapa banyak jumlah ketukan yang dimainkan dalam lagu. Misalnya membentuk pola 4/4. Birama sangat berfungsi untuk menstabilkan dan menjaga tempo agar tetap konsisten.

5. Harmoni
Setiap lagu memiliki usur harmoni, tinggal seberapa banyak kadarnya. Terkadang ada musik yang sedikit harmoninya tapi lebih banyak di ritmisnya. Harmoni adalah penyeimbang antara ritmis dan melodi. Untuk lebih lengkapnya baca di sini.

6. Tekstur
Tekstur lebih kecil lagi dari birama. Tekstur dalam musik adalah banyaknya jumah suara yang dihasilkan dari bunyi. Tekstur biasanya kurang diperhatikan daripada irama dan birama.

Unsur Pendukung Musik
Ada dasar, dan ada juga pendukung dalam musik. Apa saja unsur pendukung musik?

1. Tempo: Cepat atau lambatnya nada pada musik.
2. Dinamika: Nyaring atau lembutnya volume nada.
3. Timbre: Perbedaan warna yang timbul dari suara.

Itulah unsur pendukung musik. Ketiga hal tersebut patutnya diperhatikan dalam proses pembuatan lagu agar lagu pun matang secara penampilan.

Dari unsur dasar musik dan pengertiannya, jangan berhenti untuk mencari referensi. Pahamilah juga karena suatu waktu semua pasti dibutuhkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel