4 Jenis Ukulele: Perbedaan dan Fungsinya

Ukulele memiliki senar 4, dengan menggunakan senar nilon. Suara yang dihasilkan cukup khas, berbeda dengan alat musik gitar. Melihat dari banyaknya jenis beredar di pasaran, terdapat 3 jenis ukulele yang biasa digunakan. Yaitu soprano, concern dan tenor.

sumber gambar: gudang ilmu
Dari ketiga jenis tersebut, terlihat perbedaan yang paling nampak, yaitu ukuran. Penggunaan ukuran jenis ukulele tergantung kebutuhan dan ukuran badan pemain. Jika berbadan besar memainkan jenis soprano, khawatir jarinya terlalu besar untuk menekan akord. 
 
Secara fungsi, terkait steam yang digunakan berbeda, akord yang dimainkan pun juga berbeda tentunya. Maka dari itu, sebelum membeli ukulele, anda harus mengenal 3 jenis ukulele dan fungsinya.
  • Ukulele Soprano
Soprano merupakan jenis ukulele paling kecil, ukurannya hanya 33 cm. Stem pada jenis ukulele soprano menggunakan DGBE, dengan senar nilon membuat suaranya menjadi khas. 

Ukurannya yang kecil membuatnya mudah untuk dibawa ke mana-mana. Selain itu, soprano juga cocok untuk jari yang kecil. Tentu saja, bisa digunakan untuk anak-anak berlatih kemampuannya. Untuk cara alternatif bermain ukulele bisa baca di sini.
  • Ukulele Concern
Concern merupakan jenis ukulele yang ukurannya sedikit lebih besar daripada soprano, yaitu 36 cm. Stem pada ukulele concern menggunakan GCEA, yang mana senar atas tidak ngebass seperti soprano.

Ukulele concern cukup pas untuk dimainkan orang dewasa, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. Suara yang dihasilkan pun cukup khas, karena stem yang berbeda dari jenis lain. Jangan gunakan ukulele concern dengan stem DGBE, karena itu akan membuat bagian bridge pada gitar naik, tak kuat dengan kencangnya kekuatan senar.
  • Ukulele Tenor dan Baritone
Tenor merupakan jenis ukulele yang lebih besar ukurannya yang dapat ditemukan di pasar musik. Ada lagi jenis Baritone, ia ukurannya lebih besar dari tenor. Ukulele jenis tenor memiliki ukuran 43 cm, sedangkan baritone 50cm. 

Keduanya memiliki suara yang lebih mirip dengan gitar klasik, karena stem yang digunakan adalah GCEA. Ukulele jenis ini tetap memiliki senar 4 dan menggunakan senar nilon.

Dari keempat jenis ukulele di atas, perlu disesuaian dengan kebutuhan. Jika ingin suara yang khas, baiknya membeli jenis concern, karena ukuran ini lebih pas untuk dimainkan orang dewasa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel