Cara Alternatif Memainkan Ukulele Senar 4

Cara memainkan ukulele, tentunya berbeda dengan kentrung. Dalam perkembangan sejarahnya, ada pendapat bahwa ukulele merupakan kombinasi antara ukulele Cak dan Cuk, untuk melihat kedua alat musik ini, anda perlu melihat penampilan keroncong seperti Gesang - Bengawan Solo. Di sana ada 2 ukulele yang masing-masing saling bersahutan. Yang satu Cuk, merupakan senar tiga, dan Cak senar 4 dengan senar atas yang double.

Gambar oleh catandway dari Pixabay 
Ukulele memang umumnya senar 4, kalau 3 biasanya hanya disebut Cuk. Mengenai perbedaan Ukulele, Cak Cuk dan Kentrung akan dibahas di sini.

Jika anda baru saja membeli ukulele, dan bingung bagaimana steamnya, anda harus tahu, jenis ukulele apakah yang dibeli: tenor, concern, atau soprano? Tentu cara menyetel nadanya berbeda-beda. Ada yang menggunakan GCEA, ada pula DGBE. Saya sangat menarankan anda melihat video Mas Ivan Sigufi untuk tahu cara menyetelnya. 

Setelah menyetelnya, barulah mempelajri cara memainkan ukulele senar 4.

  • Kenali Akord
Akord, atau orang biasanya menyebut kunci gitar, pada ukulele dengan setelan GCEA dan DGBE, tentunya berbeda. Kalau setelan DGBE (biasa diguakan pada jenis soprano) sama seperti akord gitar, hanya saja yang dipakai 4 senar bawahnya. 

Sedangkan pada GCEA (biasa digunakan pada jenis concern), tangga nadanya berbeda. Kalau akord G pada senar soprano, maka C pada concern. Sebetulnya ini hanya penamaan saja, bentuk jari yang menyentuh senar sama saja.

Anda boleh coba membuka akord C pada lagu Sepanjang Jalan Kenangan - Tetty Kadi. Lalu kemudian naikan ke G pada tombol di sebelah auto scroll, seperti dibaah ini.



Antara C dan G berbeda 7 nada, sebagaimana di bawah ini:
C C# D D# E F F# G 
untuk mencapai G, maka mesti dinaikan 7 kali klik.

Di atas merupakan cara memainkan ukulele senar 4 jenis concern, dengan bentuk jari yang tidak berbeda dengan soprano. Itu hanya cara alternatif . Tentu saja anda mesti menghapal akord concern agar tak mudah lupa.

  • Genjreng atau Strumming Ukulele
Cara strumming ukulele tentunya juga berbeda dengan kentrung. Ukulele cenderung lebih seiras ketika strumming, dari senar atas sampai bawah terkena sapuan. Tidak seperti kentrung yang kadang menyisahkan senar paling bawah untuk dibunyikannya terpisah.

Mas Irvan juga sudah membuatkan videonya tentang 6 jenis strumming dasar, ini sangat kepakai untuk lagu-lagu yang sering dimainkan.

Cara memainkan ukulele senar 4, bagi pemula, hanya membutuhkan kedua hal di atas, yaitu akord dan strumming. Selebihnya tergantung konsistensi anda sebagai pemain ukulele. Latihan 30 menit setiap hari setidaknya bisa meningkatkan kualitas bermain anda. Selain itu, jangan lupa untuk mempelajari lagu yang lain ketika sudah mulai lancar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel