10 Jenis Gitar Modern yang Paling Banyak Digunakan

Gitar termasuk jenis alat musik yang sering dimainkan. Tentu saja, gitar juga memiliki jenisnya masing-masing, tahukah anda apa saja yang termasuk ke dalam jenis gitar modern? Ada yang mungkin namanya akan berbeda karena bentuk dan asalnya pun berbeda jika disandingkan. Namun secara keseluruhan merupakan bagian dari gitar, dari tradisi dan perkembangannya.

oleh Domenico Cervini dari Pixabay 
Ciri-ciri Umum Gitar
Alat musik memiliki cirinya tersendiri untuk disebut demikian. Gitar memiliki ciri yang umunya seperti di bawah ini:
1. Memiliki senar
Senar atau dawai pada adalah penghasil suara yang merdu. Karena gitar adalah alat musik petik, maka tanpa senar, alat musik tidak dapat disebut gitar. 
2. Memiliki lubang pada tabung
Meskipun kini tidak semua gitar memiliki lubang dan tabung, namun menjadi ciri khasnya. Gitar listrik rock tidak memiliki lubang sebagaimana gitar akustik, namun suara dari senar dan efek yang dimainkan mampu membuatnya disebut gitar. Hal itu merupakan modifikasi dengan teknologi.
3. Memiliki tulang leher
Pada gitar, tulang leher juga disebut dengan nut. Fungsinya untuk menyimpan fret guna memisahkan nada nada pada akord. Selain itu, nut berfungsi agar senar dapat dipasang panjang hingga melewati lubang. 

Jenis-jenis Gitar
Mulai dari asalnya, penggunaan dan teknologi, gitar berkembang menjadi beberapa jenis. Ada yang modern ada pula tradisional. Namun di sini akan dipaparkan jenis gitar moden yang umum dipakai hingga saat ini.

 oleh Pexels dari Pixabay 
1. Gitar Akustik
Gitar akustik mempunyai senar baja dan tulang leher yang lebih tipis dari gitar klasik. Desain ini membuatnya berfungsi serbaguna sesuai dengan cara memainkan gaya musik. Akustik banyak digunakan untuk musik pop, rock, blues, jazz, dan tak jarang dipakai pada genre lain. Bahkan akustik sering dimainkan dalam fingerstyle.

oleh 1195798 dari Pixabay 
2. Gitar Klasik
Agak berbeda dengan akustik, gitar klasik mempunyai tulang leher yang lebih tebal dibanding akustik, sedangkan senarnya mengguakan senar nilon. Gitaris klasik di Indonesia yang terkenal dengan permainannya adalah Jubing Kristianto. Mulai dari petikan hingga fingerstyle.

oleh PIRO4D dari Pixabay 
3. Gitar Listrik
Gitar listrik ini berasal dari Spanyol. Namun ada pula yang berpendapat bahwa sejarah mengatakan sudah ada jauh sebelum Masehi, tepatnya pada zaman Babilonia. Pada gitar ini, bodi terdiri dari satu atau lebih potongan kayu solid, kayu yang umum digunakan yaitu Alder, Ash, Maple, atau Mahoni. Namun kadang bodinya berupa potongan tebal 2, 3 atau 5 kayu solid yang disatukan.

oleh Nico Marschang dari Pixabay 
4. Gitar Elektro-Akustik
Bisa juga disebut 'akustik-elektrik', yaitu gitar akustik yang bisa dicolokkan ke amplifier. Jenis gitar modern ini tak jauh beda degan akustik biasa, hanya saja ada dua fitur tambahan, yaitu memiliki jack untuk mencolokkannya, dan panel kontrol untuk menyesuaikan volume, EQ, memasukkan baterai, dan bahkan dilengkapi dengan tuner bawaan.

gambar oleh istockphoto
5. Gitar Hollowbody & Semi-Hollow
Merupaka jenis gitar modern yang menggunakan listrik, muncul pertama kali pada tahun 1930-an. Gitar ini memiliki kotak suara dan tambahan satu pickup listrik. Jenisnya merupakan elektrik dengan bodi berlubang. 

Dari keduanya, terlihat perbedaan antara gitar hollowbody dan semi hollow yaitu pada rongga internal body. Biasanya genre musik blues tua, jazz, rock-n-roll awal, rockabilly, dan gaya yang sama, umumnya menggunakan semi-hollow.

gambar oleh aliexpress
6. Gitar Lap Steel
Lap Steel dimainkan berbeda dari gitar biasa. Bermain tegak dengan senar menghadap jauh dari tubuh pemain, berbaring di pangkuan atau berdiri, atau berdiri dengan senar gitar yang dirancang untuk melihat sudut yang berbeda. Tidak seperti gitar standar, chordnya tidak dimainkan dengan menekan senar pada fretboard, cukup dengan memberikan sedikit tekanan pada senar di fret.

Gambar oleh Dmitriy Demidov dari Pixabay 
7. Gitar Bass
Bass umumnya memiliki senar 4, tidak seperti gitar biasa, gitar ini dimainkan dengan cara dipetik tiap senarnya tegantung kebutuhan nada. Hampir disetiap grup musik, selalu ada Bass, hal ini untuk menyeimbangkan bunyi.

8. Gitar 12 Senar
Gitar ini cukup populer pada tahun 60 sampai 70an, bahkan hingga kini. Gitar senar 12 hampir sama dengan pada umumnya, hanya saja senanrnya lebih banyak. Ada yang bertipe akustik, ada pula elektrik tergantung kebutuhan. Tentu saja, dalam memainkan gitarnya membutuhkan lebih banyak jari untuk menekan.

9. Gitar Extended-Range Electric
Atau bisa juga disebut gitar elektrik jarak jauh adalah cara yang tepat untuk meningkatkan kemampuan bermain dan menambahkan variasi unik. Sejak tahun 1950-an ketika gitar listrik mulai mendunia dalam hal musik, para seniman mencoba menambahkan senar untuk menciptakan suara baru dan menarik pada gitar listrik. 

Gitar listrik standar memiliki enam senar, sedangkan jarak jauh akan memiliki tujuh, delapan, atau 12 senar. Musisi George Harrison dari The Beatles, Jimmy page dari Led Zepplin dan Roger McGuinn dari Byrds semuanya menggunakan 12 senar gitar dalam musik mereka. 

10. Gitar Resonator
Jenis gitar ini mungkin jarang atau bahan tidak pernah anda lihat sebelumnya. Gitar Resonator sengaja dibuat agar menghasilkan suara lebih keras melebihi yang berbahan dasar kayu, karena tidak dapat bersaing dengan suara instrumen lainnya ketika bermain di luar ruangan seperti orkestra atau konser musik lainnya. 

Gitar jenis ini memang banyak digunakan musisi yang berminat di delta blues. Ciri khas gitar ini adalah terbuat dari bahan logam dan memiliki bodi lebih tebal, karena memiliki sebuah cone atau lubang berbentuk kerucut di tengah bodi.

Dari semua jenis gitar modern yang ada, tentunya digunakan sesuai kebutuhan dan selera, tidak asal sembarang. Namun untuk pemula yang baru belajar bermain gitar, disarankan menggunakan jens klasik atau akustik juga bisa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel