Lagu Bertema Religi di Indonesia yang Paling Dikenal

Di Indonesia, lagu religi merupakan salah satu jenis lagu yang banyak didengar, karena mayoritas penduduk Indonesia adalah islam, lagu-lagu religi banyak yang bertema keislaman. Jenis lagu religi dikenal mampu menyentuh hati para pendengarkan, apalagi jika diri merasa mempunyai banyak dosa.

Gambar oleh mohamed Hassan dari Pixabay
Tokoh yang dikenal masyarakat Indonesia salah satunya adalah Opick, yang konsisten dengan genre yang dibawakannya. Melalui karya-karyanya, Opick menjadikan musik sebagai sarana untuk berdakwah. Tak jarang pula ada band-band lokal yang biasa membawakan tema cinta dan kehidupan, sempat menggarap lagu religi.

Selain itu, ada juga di Indonesia band rock seperti Gigi yang mengawali tema islami, kemudian diikuti dengan munculnya Dewa19, Wali dan Ungu yang juga mengangkatb tema keislaman dengan gayanya masing-masing.

Tak berhenti di situ, muncul juga grup musik seperti Nissa Sabyan membawakan lagu dan solawat yang dikemas dengan musik lebih modern. Kehadiran Nissa Sabyan sebagai grup musik sempat menjadi Trending di berbagai sosial media, oleh karena suaranya yang khas dan disukai para pemuda.

Dari berbagai lagu religi keislaman dan perkembangannya, di sini kami koleksi beberapa diantaranya:

1. Bimbo - Sajadah Panjang

Bimbo dikenal sebagai pelopor musik rock di Indonesia yang membawakan lagu bertema religi. Namun meskipun rock, lagu ini penuh renungan dari segi lirik-liriknya. Diketahui bahwa lirik lagu tersebut adalah puisi ciptaan Taufik Ismail.


2. Tombo Ati - Opick

Lagu yang berjudul Tombo Ati ini adalah lagu yang pernah dibawakan Sunan Kalijaga untuk berdakwah. Sunan Kalijaga memang dikenal dengan metode dakwahnya yang melalui karya-karya seni termasuk lagu. Opick mempopulerkan kembali lagu yang hampir tak dikenal masyarakat Indonesia pada saat itu. Dengan pembawaan yang berbeda, seperti terdapat terjemahan ke bahasa Indonesia.

3. SurgaMu - Ungu

Lagu yang diciptakan dan dipopulerkan oleh band Ungu sendiri merupakan lagu yang dalam maknanya. Lagu ini memberikan gambaran bahwa seluruh dunia ini adalah milik Allah semata. Dialah sang pemilik jalan, maka sebagai hamba perlulah meminta pertolongan agar ditunjukan jalan yang lurus.

4. Sabyan - Deen Assalam

Menurut Kompas lagu "Deen Assalam" adalah singel ciptaan Sulaiman Al Mughani, dia adalah seorang penyanyi asal Uni Emirat Arab. Pada tahun 2018 lagu ini dicover oleh grup musik Sabyan Gambus dan dipublikasikan di kanal YouTube Sabyan.

5. Wali - Tomat

Wali Band cukup banyak membawakan lagu bertema religi. Karya-karyanya sengat dekat dengan kehidupan sehari-hari, terlebih bagi masyarakat muslim. Tomat adalah singkatan dari tobat maksiat. Lagu ini merupakan sindiran bagi kita semua yang kadangkala mengaku tobat, tapi keesokannya masih saja berbuat maksiat. Dan asyiknya, lagu ini dibawakan dengan nada yang ceria.

6. Rhoma Irama - Taqwa

Rhoma Irama dikenal dengan Raja Dangdut, dia juga sering membawakan lagu-lagunya dengan tema dangdut. Meskipun dengan genre yang cenderung ceria, Rhoma Irama tetap bisa membawakan lagu religi yang maknanya dalam. Bahwa taqwa di mata Allah, kita semua sama baik kaya maupun miskin. 

Demikianlah beberapa lagu bertema religi di Indonesia. Masih banyak lagu bertema religi di luar sana, namun sebelum itu, anda perlu mendengar beberapa lagu di atas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel