4 Perbedaan Ukulele, Cak Cuk dan Kentrung

Perkembangan musik telah berlangsung lama sejak zaman kolonial, sudah banyak alat musik yang masuk ke ngara kita yang sampai kini masih digunakan. Contohnya adalah ukulele, alat musik ini mempunyai sejarah dalam perkembangan musik keroncong di Nusantara. Tidak lupa dengan  Cak Cuk, yang merupakan bagian dari musik keroncong. 

Foto oleh Porapak Apichodilok dari Pexels
Di masa kini, seringkali orang tak bisa membedakan mana ukulele, cak cuk, dan kentrung. Meskipun ketiganya ada kemiripan, namun secara bunyi dan fungsinya jauh berbeda, tak seperti yang kebanyakan orang awam kira.

Dalam hal ini, ada beberapa perbedaan yang dapat kita lihat agar tak salah penggunaannya.

1. Senar

Pada ukulele, memiliki senar terdiri dari 4 buah. Kentrung juga memiliki 4 senar, namun ada juga yang menggunakannya hanya 3. Tentu saja, dari jenis ukulele dan kentrung cara bermain dan cara stemnya ada yang berbeda, misalnya pada ukulele jenis concern.

gambar ukulele Cak Cuk
Pada Cak Cuk, seperti gambar di atas ini, Cuk memiliki 3 senar dengan menggunakan senar nilon, sedangkan Cak memiliki 4 senar, yang mana senar atas berjarak berdekatan, dan cara bermainnya pun bersahutan dengan Cuk. Cak ini menggunakan senar string, sehingga bunyinya nyaring dan berbeda. 

2. Body

Cak dan Cuk secara penampilan body terlihat berbeda, Cak memiliki lubang yang kecil banyak, sedangkan Cuk memiliki satu lubang seperti gitar pada umumnya. Dari keduanya ini, ukurannya tidak jauh berbeda, ada yang sama, ada pula Cuk lebih besar. Namun tidak mengubah perannya ketika bermain bersahutan.

Ukulele dan kentrung sekilas mirip secara penampilan body, akan tetapi ada yang membedakan sebetulnya, yaitu dari bahan dasar kayu. Ukulele menggunakan keseluruhannya dengan kayu, sedangkan ukulele, menggunakan triplek. Namun ada juga kentrung yang berbahan kayu, tapi lebih banyak digunakan adalah triplek.

3. Cara Permainan

Ukulele dan kentrung berbeda cara permainannya, ukulele lebih banyak menggunakan petik dan variasi kocokan yang yang seperti gitar klasik. Sedangkan kentrung lebih banyak bermain variasi melodi pada tiap senarnya. Semakin banyak variasi, semakin indah didengar.

Berbeda dengan Cak dan Cuk, yang mana keduanya bermain secara bersahutan. Keduanya ini dimainkan dengan cara dipetik satu persatu sehingga menimbulkan harmonisme dalam musik. Cak Cuk hanya ada di dalam aliran musik keroncong.

4. Harga

Perbedaan ukulele, cak cuk dan kentrung juga terlihat dari harganya. Ukulele cenderung lebih mahal karena menggunakan bahan dasar secara keseluruhan menggunakan kayu, sedangkan kentrung relatif lebih murah.

Harga cak cuk juga relatif, tergantung bahan kayu yang diguakan. Namun, Cak cuk lebih jarang digunakan dibandingkan ukulele dan kentrung.

Itulah 4 perbedaan yang mendasari alat musik ukulele, cak cuk dan kentrung. Perbedaan ini tentunya perlu diperhatikan sebelum membelinya di toko alat musik. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel