Musik untuk Pengantar Tidur Bagi Insomnia

Tidur merupakan salah satu kebutuhan bagi manusia, tubuh mempunyai batas untuk istirahat. Musik bisa jadi media pengantar tidur paling baik. Penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Riau, mendapatkan hasil bahwa musik Lullaby mempunyai efektivitas untuk meningkatan jumlah durasi tidur pada anak. 

sumber gambar: pixabay
Sejalan dengan itu, penelitian yang dilakukan oleh Universitas Muhammadiyah Surakarta mendapatkan hasil bahwa musik memiliki pengaruh yang signifikan dalam mengatasi insomnia pada mahasiswa. Orang dewasa mempunyai durasi antara 6-8 jam tidur yang efektif setiap harinya. 

Musik Sebagai Relaksasi

Ada beberapa hal yang membuat seseorang sulit untuk tidur, salah satunya yang cukup banyak pengaruh adalah beban pikiran. Banyaknya kegiatan dan tugas seringkali menumpuk di dalam pikiran, sehingga sulit menurunkan kesadaran agar tidur pulas.

Insomnia merupakan gangguan tidur yang mayoritas didominasi oleh usia awal dewasa, sering kali insomnia dianggap sepele, namun nyatanya berdampak buruk bagi kesehatan dan kualitas hidup. Kadang kala siang hari masih tertidur, sehingga produktivitasnya menurun. 

Musik untuk pengantar tidur sangat diperlukan sebagai relaksasi pikiran, mendengarkan instrumen lembut yang berulang-ulang dari musik, efektif untuk menambah durasi tidur.

Terapi Musik Sebelum Tidur 

Instrumen musik yang biasa digunakan untuk pengantar tidur antara lain suara alam, seperti kicau burung atau air yang mengalir, bisa juga dengan menggunakan alpha musik sebagai terapi musik untuk pengantar tidur.
 
Suara-suara tersebut dapat menenangkan pikiran, memberinya suasana kedamaian dan tentram. Anda tentu bisa mencobanya dengan mendengarkan musik-musik itu sebelum tidur. Pastikan gadged diletakan di tempat yang aman.

Musik untuk pengantar tidur sudah lama dilakukan sejak zaman dahulu, dengan adanya teknologi internet, mempermudah mendapatkan dan memilih musik yang selera untuk pengantar tidur. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel