Alasan Hari Musik Nasional Wajib Anda Peringati

Taukah Anda bahwa ada hari musik nasional yang dirayakan setiap tahunnya? Peringatan akan hari nasional ini menjadi salah satu apresiasi, terutama kepada para pemusik atau orang yang bekerja di bidang kesenian, bahwa karya yang mereka hasilkan memiliki nilai tersendiri.


Di hari nasional tersebut, tidak hanya para musikus saja yang merayakan namun juga para pendengar setianya. Mereka saling berbagi tentang lagu apa yang sering didengarkan, agar sampai di telinga para pendengar lainnya, sehingga pendengarnya tidak akan putus.

Ada banyak alasan mengapa musik sangat penting dalam kehidupan manusia, sehingga ada hari khusus yang dirayakan setiap tahunnya. Hari musik sendiri dirayakan setiap 9 Maret, jadi jangan sampai Anda lupa untuk merayakan dan melakukan aktivitas bermanfaat.

Alasan Hari Musik Nasional Perlu Dirayakan


Mungkin sebagian dari Anda bertanya-tanya, mengapa hari nasional ini perlu diperingati sampai ada hari khusus setiap tahunnya. Lagu sudah menjadi bagian hidup manusia sejak lama, sehingga tidak aneh jika kita merayakannya untuk menghormati para musisi Indonesia.
 

1. Menghargai Budaya Musik

Salah satu alasan mengapa hari nasional ini patut dirayakan adalah, untuk menghargai budaya musik di Indonesia. Di mana musik di Indonesia sudah ada sejak dulu, dan Indonesia sangat kaya akan keberagaman musiknya dan menjadi salah satu warisan perlu dilestarikan.

Itulah mengapa hari musik nasional perlu dirayakan, karena bisa membuat kita terus ingat betapa berharganya karya yang sudah dibuat oleh para musisi tanah air sejak lama. Sebagai pendengarnya, kita juga bisa lebih menghargai bahwa karya telah mereka rilis memiliki nilai.
 

2. Menghormati Para Musisi

Sudah sejak dulu banyak musisi tanah air yang merilis karya dalam bentuk alunan lagu atau musik, bahkan hingga saat ini meskipun para musisi sudah tidak ada, karyanya terus dikenang dan didengarkan, sehingga generasi masa kini dan masa depan tetap mengetahuinya.

Itulah salah satu keindahan dari lagu, setiap orang memiliki selera berbeda-beda dalam memilih genre musiknya tersendiri sehingga semua karya akan tetap didengar. Para musisi yang sudah merilis karyanya, tentu saja patut mendapat apresiasi terutama di hari nasional.
 

3. Melestarikan Karya

Hari musik nasional juga membuat masyarakat bisa melestarikan karya yang telah ada, hingga saat ini mungkin Anda masih mendengar beberapa lagu lawas yang diputar, dibuat atau dinyanyikan kembali sehingga bisa lebih menyesuaikan dengan selera generasi masa kini.

Itulah salah satu cara melestarikan karya, agar tidak berhenti didengarkan atau karyanya menjadi mati begitu saja ditelan waktu.

Pengaruh Musik Terhadap Kehidupan Manusia


Banyak sekali manfaat yang bisa manusia dapatkan dengan mendengarkan musik atau alunan lagu, tidak hanya kesenangan secara pribadi namun alunan lagu juga bisa menenangkan diri. Karena itulah banyak orang yang memutar lagu, disaat sedang stress atau dalam pemulihan.

Percaya atau tidak, ternyata musik memang memberikan efek tertentu yang mungkin sulit untuk Anda pahami secara logis. Mendengarkan musik favorit Anda, bisa membuat mood atau perasaan menjadi membaik dan tentu saja berdampak pada kegiatan sehari-hari.

Itulah alasan mengapa musik sangat penting bagi kehidupan manusia, banyak manfaat yang bisa didapatkan. Tidak hanya bagi para musikus yang menghasilkan karya terbaiknya, namun juga para pendengar setianya.

Mendengarkan lagu memang menjadi bagian hidup manusia, bisa kita lihat sendiri bahwa banyak orang yang mendengarkan musik saat sedang berangkat kerja, sebelum tidur atau bahkan saat sedang beraktivitas, karena bisa membuat mereka lebih bersemangat. Begitu pentingnya musik terhadap kehidupan manusia, dan tidak bisa hilang begitu saja. Sehingga dengan adanya peringatan akan hari musik nasional ini, tentu saja Anda patut merayakannya bersama-sama.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel